Jika Anda mengenal seseorang yang secara konsisten melakukan banyak hal setiap hari, jangan tertipu dengan berpikir bahwa mereka adalah manusia super hanya karena itu. Beberapa dari mereka secara alami memiliki tingkat produktivitas yang tinggi, sementara yang lain telah menjadikan diri mereka sendiri sebagai kebiasaan untuk menjadi efisien dalam menyelesaikan pekerjaan mereka.
Kombinasi perencanaan yang cermat dan upaya yang terfokus inilah yang membuat suatu perusahaan menjadi produktif. Kemampuan ini akan membantu Anda bekerja dengan cepat dan efisien untuk memberikan hasil terbaik. Tantangannya adalah bagaimana menjaga produktivitas saat bekerja, baik di kantor maupun dari rumah.
Anda dapat mengevaluasi tingkat produktivitas Anda setiap hari saat Anda menyelesaikan pekerjaan; jika Anda tidak puas dengan hasil Anda, Anda mungkin tidak bekerja seefisien mungkin. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena berikut ini adalah cara sederhana untuk meningkatkan produktivitas secara signifikan.
1. Menempatkan kepercayaan Anda pada orang lain dan teknologi.
Setiap orang membutuhkan bantuan, dan melakukan yang terbaik ketika mereka tidak bertanggung jawab atas tugas-tugas utama mereka sendiri. Penghalang terbesar untuk menerima bantuan adalah iman.
Untuk meminta bantuan orang lain, Anda harus mendapatkan kepercayaan dari rekan bisnis atau karyawan Anda. Jangan lupa memberi tahu mereka berapa lama mereka harus menyelesaikan tugas, meningkatkan kemungkinan bahwa mereka akan melakukannya dengan serius. Selalu pastikan karyawan Anda memiliki akses ke materi yang mereka butuhkan untuk melaksanakan pekerjaan terbaik mereka, baik itu instruksi proyek khusus atau dokumen pendukung.
Anda dapat mempercayakan pekerjaan Anda kepada rekan kerja Anda, dan Anda dapat mempercayakan pekerjaan Anda dengan bantuan teknologi. Teknologi maju dengan sangat cepat akhir-akhir ini, dan ada banyak sistem dan teknologi yang dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis. Salah satu aplikasi POS terbaik di luar sana, yang akan membantu Anda mengelola bisnis Anda mulai dari catatan penjualan dan inventaris hingga laporan keuangan dan lainnya.
Baik melalui bantuan orang lain atau penerapan metode teknologi mutakhir, Anda harus berusaha untuk menyederhanakan hari kerja Anda. Dengan tidak adanya kepercayaan diri dan kepercayaan diri, kemungkinan besar Anda akan melakukan semua pekerjaan sendiri dan menunda melakukan hal lain.
2. Tetapkan batas waktu untuk rapat yang tidak perlu dan Anda akan memiliki lebih banyak waktu luang.
Dalam hidup Anda, waktu sangat penting. Meskipun sangat diinginkan untuk bertemu banyak orang untuk memperluas jaringan Anda, waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda adalah yang paling penting. Ketahui pertemuan mana yang harus Anda hadiri dan mana yang mungkin Anda lewatkan.
Mungkin saja sebagai pemilik usaha, Anda memiliki banyak sekali kebutuhan rapat sehari-hari. Inilah mengapa Anda harus menjadwalkan waktu khusus untuk menghadiri rapat dan menggunakan sisa waktu Anda untuk berkonsentrasi pada tugas yang harus diselesaikan.
Menurut penelitian, kebanyakan orang membuang banyak waktu dalam rapat karena kurang fokus pada tujuan rapat atau kesulitan mengambil keputusan setelah rapat selesai. Untuk membuat rapat lebih produktif dan menghindari panggilan rapat lain untuk membahas topik yang sama, penting untuk memahami tujuan rapat dan keputusan yang perlu dibuat.
3. Buatlah Checklist
Ada berbagai macam tugas, dari yang sederhana hingga yang rumit, yang harus diselesaikan saat menjalankan bisnis. Untuk menyelesaikan sesuatu dengan cepat dan efektif, mulailah dengan tugas-tugas sederhana.
Jika ada proyek besar, pecahkan menjadi tugas-tugas kecil. Misalnya, jika Anda ingin memperkenalkan produk baru ke toko Anda, Anda harus membuat daftar semua yang perlu Anda persiapkan dan lakukan, serta hari peluncuran produk tersebut.
Buat daftar tugas, termasuk kapan mereka harus diselesaikan (tenggat waktu) dan seberapa jauh mereka. Anda dapat menyimpan daftar tersebut ke komputer atau perangkat seluler Anda sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan pun Anda membutuhkannya.
Jika Anda ingin menghindari kehilangan fokus pada pekerjaan Anda, salah satu strateginya adalah menggunakan pengatur waktu atau suara pengingat sebelum memulai setiap tugas. Terkadang Anda bisa terlalu fokus pada satu tugas sementara yang lain gagal.
4. Sisihkan waktu untuk berdoa.
Jumlah jam yang Anda habiskan di meja Anda bukanlah indikator produktivitas Anda yang dapat diandalkan. Kami mengukur kesuksesan berdasarkan seberapa banyak yang dapat Anda capai tanpa membahayakan kesehatan Anda.
Hindari duduk terlalu lama dan mulailah bergerak; inilah cara Anda mempersingkat durasi rapat atau menyelesaikan tugas dengan cepat. Selain itu, pastikan Anda memberi diri Anda banyak waktu untuk bersantai dan merenung sebelum pekerjaan hari itu selesai. Para peneliti di University of Michigan menemukan bahwa tidur siang singkat pun dapat membantu mengurangi risiko perilaku impulsif dan meningkatkan ketahanan dalam menghadapi frustrasi. Bukti ini juga menunjukkan bahwa melatih mindfulness secara sistematis dapat meningkatkan produktivitas Anda.
5. Tetapkan tujuan Anda
Jika Anda pikir Anda dapat mengalahkan semua yang ada di daftar Anda dalam satu hari, tetapkan tujuan yang lebih ambisius untuk diri Anda sendiri. Ini mungkin akan selesai dalam seminggu, sebulan, tiga bulan, atau bahkan setahun.
Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research, orang yang menetapkan tujuan lebih tinggi cenderung lebih bahagia daripada mereka yang ekspektasinya lebih realistis.
Salah satu alasan utama mengapa orang gagal mencapai tujuannya adalah karena mereka tidak menetapkan tenggat waktu yang realistis untuk diri mereka sendiri. Dan Anda tidak boleh hanya menuliskan tujuan bisnis Anda, tetapi membaginya menjadi target luas dan sempit.
Tujuan harus bersifat individu dan organisasi. Beri diri Anda waktu yang cukup untuk menetapkan tujuan pribadi dan profesional jangka panjang, serta pencapaian jangka pendek dan garis waktu untuk mencapainya.
6. Ambil inspirasi dari hal-hal baik untuk dilakukan sendiri
Pastikan bahwa aktivitas yang Anda lakukan sekarang menghasilkan hasil yang positif. Terkadang Anda membuang banyak waktu di media sosial atau debat sia-sia tanpa menyadarinya. Untuk alasan ini, penting untuk memeriksa diri sendiri dan bertanya apakah tindakan Anda benar-benar produktif atau tidak.
Sebaliknya, penghargaan diri atas pencapaian tujuan merupakan bentuk penting dari motivasi intrinsik. Ini bisa berupa kepemilikan barang-barang yang diinginkan, seperti yang selalu Anda inginkan, atau jenis makanan favorit, atau bahkan kemampuan untuk terlibat dalam aktivitas yang selalu Anda impikan. (Ketahui memotivasi cara diri lainnya disini)
7. Anda harus menghindari memikirkan hal-hal yang mengganggu Anda.
Setiap orang menghadapi tantangan unik saat melakukan pekerjaannya, oleh karena itu penting untuk mengidentifikasi hambatan ini sejak dini untuk menghindarinya.
Hampir semua orang saat ini memiliki profil media sosial di platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, LinkedIn, Pinterest, dan banyak lainnya. Mayoritas orang menghabiskan sekitar dua jam per hari untuk memeriksa media sosial dan mengirim pesan secara online. Anda dan produktivitas karyawan Anda di tempat kerja akan menderita akibat hal ini, itu suatu kepastian.
Jika Anda menemukan bahwa salah satu tugas Anda memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan karena masalah ini, pastikan Anda selalu mengingat tugas mana yang paling penting. Untuk menjaga produktivitas, sisihkan waktu 15 hingga 30 menit setiap hari untuk memeriksa dan menanggapi pesan dan email online, serta mengikuti berita dan informasi lainnya melalui media sosial.
Menggunakan metode ini dapat membantu Anda mempertahankan fokus, menghindari gangguan, dan menyelesaikan pekerjaan sesuai rencana.
8. Luangkan waktu untuk mempersiapkan akhir pekan.
Kebiasaan ini umum di kalangan pemilik bisnis yang makmur. Mulailah hari dengan benar dengan lebih banyak tidur dan bangun lebih awal untuk menempatkan diri Anda dalam kerangka berpikir yang baik secara emosional dan intelektual. Ini akan membantu Anda menjadi lebih produktif sepanjang hari.
Salah satu kebiasaan pebisnis sukses adalah mempersiapkan minggu berikutnya untuk segala sesuatu yang mereka rencanakan untuk dilakukan minggu berikutnya. Mulailah dengan pakaian hari ini, rencana sarapan dan makan siang Anda, dan jadwal harian Anda.
Penting untuk memikirkan terlebih dahulu tentang apa yang akan Anda bawa dan apa yang perlu Anda bawa ke pertemuan dengan rekan bisnis. Jika Anda memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan, pastikan Anda memiliki semua yang Anda butuhkan untuk menjadi produktif setiap hari.
Komentar
Posting Komentar